Metode Selamat

Penulis : Ustadz Muhammad Umar As-Sewed

Metode salaf, ahlus sunnah wal jaaโ€™ah dalam memahami agama ini sangat tepat dan selamat dari berbagai macam penyimpangan.

1. Dalam masalah Tauhid
Mereka, para ulama ahlus sunnah selalu mementingkan tauhid dan menjeaskan bahwa tauhid ู„ุง ุงู„ู‡ ุฅู„ุงุง ุงู„ู„ู‡ bermakna โ€œTidak ada yang berhak diibadahi kecuali Allahโ€ (uluhiyyah), sebagaimana terkan-ung dalam ayat:

ูˆูŽุงุนู’ุจูุฏููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูุดู’ุฑููƒููˆุง ุจูู‡ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุงโ€ฆ ุงู„ู†ุณุงุก: 36

Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa punโ€ฆ (an-Nisaaโ€™: 36)

Dengan prinsip ini, mereka selamat dari kekafiran atheisme yang tidak bertuhan dan selamat pula dari paganisme yang bertuhan banyak.

2. Dalam masalah Asmaโ€™ wa Sifat
Mereka, para ulama ash-habul haits (ahlus sunnah) tidak berani berbicara tentang sifat-sifat Allah kecuali apa yang telah dikatakan oleh Allah dalam al-Qurโ€™an dan apa-apa yang telah dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam dalam hadits-hadits yang shahih. Mereka tidak berani pula menarik maknanya kepada makna lain selain apa yang terdapat pada teksnya. Karena masalah sifat-sifat Allah adalah ghaib, tidak ada seorang pun yang dapat menebak-nebak atau memikirkan dzat Allah.

ูˆูŽู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุงู’ู„ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ู’ุญูุณู’ู†ูŽู‰ ููŽุงุฏู’ุนููˆู‡ู ุจูู‡ูŽุง ูˆูŽุฐูŽุฑููˆุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูู„ู’ุญูุฏููˆู†ูŽ ูููŠ ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุฆูู‡ู ุณูŽูŠูุฌู’ุฒูŽูˆู’ู†ูŽ ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู†ูŽ. ุงู„ุฃุนุฑุงู: 180

Hanya milik Allahlah asmaโ€™ul husna, maka mohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaโ€™ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (al-Aโ€™raaf: 180)

Mereka tidak berani pula membayangkan seperti apa atau bagaimananya.
Maka di samping mereka selamat agamanya, juga selamat akalnya. Orang-orang yang mencari-cari sendiri tentang dzat Allah akan tersesat agamanya dan orang yang membayangkan seperti apa atau bagaimana Allah akan rusak akal-nya.

3. Dalam masalah Ibadah
Mereka, para pengikut salafus shalih, tidak beribadah kepada Allah kecuali dengan cara yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam (sunnah). Mereka tidak berani merubah-rubah, mengganti, mengurangi atau menambahi dari hasil pemikirannya sendiri. Sebagaimana para rasul memerintahkan kepada kaumnya:

ููŽุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฃูŽุทููŠุนููˆู†ู. ุงู„ุดุนุฑุงุก: 144

Maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. (asy-Syuโ€™araa: 144)

Yakni bertakwanya kepada Allah tetapi dengan mengikuti dan mentaati rasul-Nya. Maka Tata cara ibadah menurut mereka sudah baku (tauqifiyyah) tidak bisa diubah-ubah.
Dengan demikian mereka selamat dari kebidโ€™ahan-kebidโ€™ahan (ajaran-ajaran baru) yang tidak pernah dikenal oleh kaum muslimin yang pertama. Dan selamat pula dari kesesatan para pengingkar sunnah yang menciptakan agama baru.

4. Dalam masalah sunnah
Mereka โ€“sesuai dengan sebutannya ahlus sunnahโ€“ senantiasa berpegang dengan sunnah (ajaran nabi) sebagai tafsir dari al-Qurโ€™an, sehingga mereka dapat memahami al-Qurโ€™an dengan tepat seperti apa yang dipahami oleh Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam karena ucapan, perbuatan dan perangai Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam adalah terjemahan dari al-Qurโ€™an. Aisyah radhiallahu โ€˜anha berkata:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฎูู„ูู‚ูู‡ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… ูˆุฃุญู…ุฏ ูˆุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ

Bahwasanya perangai Rasulullah adalah al-Qurโ€™an. (HR. Muslim, Ahmad dan Abu Dawud)

sehingga mereka selamat dari kesalahpahaman dalam panafsiran al-Qurโ€™an dan selamat dari kesesatan.

ุชูŽุฑูŽูƒู’ุชู ูููŠู’ูƒูู…ู’ ุดูŽูŠู’ุฆูŽูŠู’ู†ู ู„ูŽู†ู’ ุชูŽุถูู„ู‘ููˆุง ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูู…ูŽุง: ูƒูุชูŽุงุจู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุณูู†ู‘ูŽุชููŠ ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽููŽุฑู‘ูŽู‚ูŽุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุฑูุฏูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ุงู„ู’ุญูŽูˆู’ุถู. ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุญุงูƒู… ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉุŒ ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ

Aku tinggalkan kepada kalian dua perkara yang kalian tidak akan tersesat setelah berpegang dengan keduanya, yaitu kitabullah dan sunnahku. Dan keduanya tidak akan terpisah hingga menemuiku di telaga Haud. (HR. Hakim; Syaikh al-Albani menshahihkanya dalam Shahih Jamiโ€™us Shaghir)

5. Dalam pemahaman terhadap al-Qurโ€™an dan sunnah
Mereka mengetahui bahwa generasi terbaik umat ini adalah para shahabat nabi. Maka mereka meyakini bahwa para shahabat lebih memahami al-Qurโ€™an dan sunnah. Sehingga dalam memahami, menyimpulkan dan menerapkan al-Qurโ€™an dan sunnah, mereka melihat ucapan-ucapan para shahabat dan keterangan-keterangan dari mereka, karena yang akan mendapatkan keridhaan dari Allah adalah para shahabat Muhajirin dan Anshar, dan orang-orang yang mengikuti mereka.
Allah subhanahu wa Taโ€™ala berfirman:

ูˆูŽุงู„ุณู‘ูŽุงุจูู‚ููˆู†ูŽ ุงู’ู„ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ููˆู†ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูู‡ูŽุงุฌูุฑููŠู†ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑู ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุงุชู‘ูŽุจูŽุนููˆู‡ูู…ู’ ุจูุฅูุญู’ุณูŽุงู†ู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุถููˆุง ุนูŽู†ู’ู‡ู ูˆูŽุฃูŽุนูŽุฏู‘ูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุฌูŽู†ู‘ูŽุงุชู ุชูŽุฌู’ุฑููŠ ุชูŽุญู’ุชูŽู‡ูŽุง ุงู’ู„ุฃูŽู†ู’ู‡ูŽุงุฑู ุฎูŽุงู„ูุฏููŠู†ูŽ ูููŠู‡ูŽุง ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ููŽูˆู’ุฒู ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู…ู. ุงู„ุชูˆุจุฉ: 100

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. (at-Taubah: 100)

Sehingga mereka selamat pula dari kesalah-pahaman dan kekeliruan dalam penerapan al-Qurโ€™an dan sunnah.

6. Dalam masalah shahabat nabi
Ahlus sunnah menganggap bahwa para shahabat adalah generasi yang terbaik dan semuanya merupakan rawi-rawi yang adil dan jujur, sehingga mereka menerima riwayat-riwayat haditsnya. Bagi mereka kesepakatan para shahabat merupakan dalil (hujjah) setelah al-Qurโ€™an dan sunnah. Karena Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam menyatakan bahwa umatku tidak akan sepakat atas kesesatan.

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ู„ุงูŽ ูŠูŽุฌู’ู…ูŽุนู ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุถูŽู„ุงูŽู„ูŽุฉู ูˆูŽูŠูŽุฏู ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู. ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ุนู† ุงุจู† ุนู…ุฑุŒ ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ ููŠ ุตุญูŠุญ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุตุบูŠุฑ

Sesungguhnya Allah taโ€™ala tidak akan mengumpulkan umatku di atas kesesatan. Dan tangan Allah di atas jamaโ€™ah. (HR. Tirmidzi; Syaikh al-Albany menshahihkannya dalam Shahih Jamiโ€™ ash-Shaghir)

Sebagaimana disebutkan dalam atsar dari Ibnu Masโ€™ud radhiallahu โ€˜anhu, beliau berkata: โ€œSesungguhnya Allah melihat para hamba dan mendapati hati Muhammad shallallahu โ€˜alaihi wasallam sebaik-baik hati para hamba, maka ia jadikan untuk diri-Nya dan diutus sebagai rasul-Nya. Kemudian Allah melihat hati-hati para hamba dan melihat hati-hati para shahabat adalah sebaik-baik hati para hamba, maka Allah jadikan sebagai pendukung-pendukungnya, pembela-pembela-Nya dan berperang di atas agamanya. Maka apa yang dilihat oleh kaum muslimin itu sebagai kebaikan, maka di sisi Allah hal itu baik. Sebaliknya apa yang dilihat oleh mereka sebagai kejelekan, maka di sisi Allah hal itu merupakan kejelekan. (Atsar Hasan Mauquf; diriwayatkan oleh Thayalisi, Ahmad dan Hakim menshahihkan dan disepakati oleh adz-Dzahabi; Demikian komentar Syaikh al-Albani dalam Takhrij Syarh Aqidah ath-Thahawiyah, hal. 470)

Keyakinan ini menyelamatkan mereka dari apa yang telah menyesatkan kaum Syiโ€™ah Rafidhah. Dengan caci-makian mereka terhadap para shahabat, gugurlah syariat ini, karena para shahabat adalah pembawa-pembawa ilmu dan rantai rawi yang pertama yang menjembatani Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam dengan generasi-generasi setelahnya.

7. Dalam masalah hadits
Para ulama ahlus sunnah tidak sembarangan menerima riwayat suatu hadits, karena sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam dan ucapan-ucapan para shahabat (atsar-atsar) didapat oleh mereka melalui silsilah para rawi yang telah mereka periksa, apakah rawi-rawi tersebut terpercaya (tsiqah), kuat hafalannya (dhabit), sanadnya bersambung (mutashil) ataukah kebalikannya. Sehingga dengan ilmu (Musthalahul hadits) tersebut, mereka memisahkan antara hadits-hadits yang shahih dan hadits-hadits yang dhaif. Kemudian mereka memakai yang shahih dan meninggalkan yang dhaif.

Hingga mereka selamat dari penyimpangan dikarenakan menyangka itu hadits Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam. Dan selamat dari kebidโ€™ahan yang dikira perintah nabi ternyata bukan dan selamat pula dari ancaman-ancaman Allah terhadap orang-orang yang berdusta atas nama Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam.
Dalam sebuah hadits yang mutawatir, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุฐูŽุจูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ู…ูุชูŽุนูŽู…ู‘ูุฏู‹ุง ููŽู„ู’ูŠูŽุชูŽุจูŽูˆู‘ูŽุฃู’ ู…ูŽู‚ู’ุนูŽุฏูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู. ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡

Barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja, maka hendaklah dia mempersiapkan tempatnya dalam neraka. (HR. Bukhari Muslim dan lain-lainnya)

8. Dalam masalah jihad
Jihad dengan makna perjuangan dakwah menyampaikan syariat agama Allah dan sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam terus berlangsung setiap saat sepanjang masa.

Adapun jihad bermakna perang menumpahkan darah musuh merupakan ibadah yang dilakukan secara berjamaโ€™ah yang tidak bisa dilakukan kecuali bersama seorang penguasa (imam). Dan yang diperangi adalah orang-orang kafir harbi. Namun bukan menunggu munculnya imam tertentu seperti Syiโ€™ah Rafidhah, tapi dengan penguasa muslim yang ada sekarang.

Dengan prinsip mereka ini, kaum muslimin selamat dari fitnah dan kekacauan. Kalau saja dibiarkan setiap muslim โ€œberperangโ€ sendiri-sendiri, membunuh orang-orang kafir di mana pun dia temui, maka akan terbunuh orang kafir yang tidak layak dibunuh (perempuan, anak-anak, kafir dzimni, dan kafir muโ€™ahad) bahkan bisa jadi akan membunuh orang-orang muslim yang dianggap kafir. Maka yang terjadi adalah kekacauan dan pertumpahan darah sesama kaum muslimin.

9. Dalam masalah iman
Para ulama ahlus sunnah sejak zaman salafus shalih sampai hari ini meyakini bahwa iman bisa bertambah dan bisa berkurang bahkan bisa hilang sama sekali. Iman dapat bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan.

(Bersambung)

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.